Journal Online of Physics (JoP) Terakreditasi SINTA 4

Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi patut berbangga. Pasalnya jurnal ilmah yang dikelolanya yaitu Journal Online of Physics (JoP) berhasil terakreditasi SINTA 4. Hasil tersebut ditetapkan berdasarkan kutipan dari keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 30/E/KPT/2019. Akreditasi tersebut tersebut berlaku mulai Volume 3 Nomor 1 Tahun 2017 dan berlaku selama 5 tahun sampai Volume 7 Nomor 1 Tahun 2022. Sebelumnya, JoP sudah terindeks di beberapa alat pengindeks seperti Google Scholar dan Portal Garuda.

Sertifikat JoP

Editor In-Chief Jurnal Online of Physics (JoP), Samsidar M.Si., menjelaskan bahwa status akreditasi ini bisa terus dipertahankan bahkan harus mulai berbenah untuk disiapkan sebagai jurnal yang bermutu dan ditargetkan terindeks lebih luas lagi secara internasional seperti DOAJ dan SCOPUS. Program akselerasi jurnal saat ini memiliki enam tingkatan yaitu SINTA 1 (S1) sampai dengan SINTA 6 (S6) sebagai sistem akreditasi jurnal nasional. Aturan sebelumnya, DIKTI hanya punya 2 kelas yaitu kelas A dengan nilai akreditasi 85 – 100, dan kelas B dengan nilai 70 – 85.
Aturan baru SINTA dengan 6 klaster dapat dipahami sebagai berikut: SINTA 1 Jurnal terakreditasi A dengan nilai 85-100, atau terindeks di Scopus, SINTA 2 Jurnal terakreditasi B dengan nilai 70-85, SINTA 3 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 60-70, SINTA 4 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 50-60, SINTA 5 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 40-50, SINTA 6 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 30-40.

Tinggalkan komentar